Makna dari : ”Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata”

”Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata” 
Lantang suara dari seseorang yang berpidato itu dibalas dengan gemuruh, ”Arus… Arus… Arus"

Salam itu selalu mengawali sambutan tokoh masyarakat atau tokoh pemerintah maupun masyarakat dalam acara adat Dayak maupun acara-acara lainnya. Salam itu sekaligus menjadi filosofi masyarakat adat Dayak untuk mewujudkan hidup yang tenteram bersama masyarakat lainnya.  "TALINO" dalam bahasa Dayak Kanayatn atau biasa disebut dengan bahasa "AHE" atau "ORANG AHE/URAKNG AHE" artinya "MANUSIA". "BACURAMIN" memiliki arti "BERCERMIN", "SARUGA" adalah "SURGA", "BASENGAT" artinya "BERNAFAS" dan "JUBATA" artinya "TUHAN YANG MAHA KUASA". Secara harfiah "Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata" dalam bahasa indonesia berarti "sebagai manusia kita wajib bersikap adil dan toleran terhadap sesama, dalam menjalani kehidupan kita harus bercermin dari surga dan setiap nafas kehidupan yang kita miliki berasal dari TUHAN YANG MAHA KUASA". Jawaban dari salam tersebut adalah Arus...Arus...Arus yang berarti mengiyakan ucapan tersebut (AMIN ).

Sebagai seorang manusia yang telah mendengar salam tersebut sejak umur saya masih kecil, pantaslah jika saya menggunakan salam tersebut. Penggunaan salam ini bukan berati untuk menggatikan salam yang sudah ada, namun lebih kepada pengenalan dan pelestarian budaya yang dimiliki oleh Suku Dayak Kanayatn serta salah satu sarana unuk menunjukan dan mengingatkan kepada generasi-generasi selanjutnya akan makna yang terkandung di dalamnya.

Pada kesempatan ini juga saya mau menyampaikan sebuah keinginan saya, keinginan yang sangat kuat untuk menggunakan salam ini dalam setiap postingan yang saya buat. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena saya adalah generasi yang pemilik salam tersebut dan memiliki tugas untuk melestarikan nya. Adalah mungkin bahwa teman-teman semua memiliki ciri masing-masing, karna kita adalah warga indonesia yang memiliki kebudayaan yang beragam dan indah. Jadikanlah kebudayaan tersebut untuk membentuk "Pelangi yang indah". Pelangi yang akan menghiasi setiap tapak perjalanan bangsa ini dan layaklah kita disebut sebagai "Negara yang kaya akan Budaya"


Terimakasih !!!

"Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata"

Komentar