SAKRAMEN TOBAT





SAKRAMEN TOBAT [REKONSILIASI]




PENGAKUAN DOSA  [Panduan singkat bagi para calon baptis dewasa dan para calon komuni pertama]




1.   Persiapan : 




1.1           pilih tempat yang tenang agar mudah berkonsentrasi untuk  berdoa




1.2           berdoalah memohon agar Roh Kudus menerangi hati dan pikiran sehingga kita dapat mengetahui, melihat dosa-dosa yang telah kita lakukan baik dengan pikiran, perkataan, dan perbuatan kita




2.     Mengaku : [di dalam kamar pengakuan]




 




Bapa, [sambil membuat tanda salib] berkatilah saya. Ini pengakuan saya yang pertama kali. Dosa-dosa saya adalah : [sebutkan satu persatu, perlahan, jelas sampai selesai]




Saya sangat menyesal atas segala dosa saya dan memohon absolusi [pengampunan] dan penitensia [denda, hukuman]




*** Kita diam mendengarkan nasihat Pastor atau Bapa Pengakuan yang diakhirinya dengan memberikan penitensi. Kemudian, kita dimintanya mengucapkan Doa Tobat. Ketika kita mengucapkannya, Bapa Pengakuan memberkati dan kitapun membuat tanda salib. Selesai memberikan berkat pengampunan, Bapa Pengakuan menyatakan bahwa pengakuan kita selesai [biasanya mengatakan, “Selamat”] dan kita keluar untuk melaksanakan penitensi yang diberikan. Sebelum keluar, kita ucapkan, “Terima kasih ya Bapaku”




 




DOA TOBAT




Tuhan yang maharahim/aku menyesal atas dosa-dosaku/sebab patut aku, Engkau hukum/terutama sebab aku telah menghina Engkau/yang mahamurah dan mahabaik bagiku. Aku benci akan segala dosaku/dan berjanji dengan pertolongan rahmatMu/hendak memperbaiki hidupku/dan tidak akan berbuat dosa lagi. Ya, Tuhan/kasihanilah aku/orang yang berdosa ini.




Komentar